Apa Itu Linux ??


Linux
Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk Sobat blogger semua, semoga berada dalam keadaan sehat wal afiat. Alhamdulillah kali ini saya berkesempatan untuk update blog saya yang pada kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi pengetahuan kepada Sobat blogger semua tentang Apa itu Linux. Ok, tanpa banyak basa basi lagi langsung saja kepada inti dari postingan saya kali ini, cekidot:

Linux adalah sistem operasi yang berevolusi dari sebuah kernel yang diciptakan oleh Linus Torvalds ketika beliau masih menjadi mahasiswa di Universitas Helsinki. Umumnya, penjelasan seperti ini sudah jelas bagi kebanyakan orang tentang apa itu Linux. Namun, baik untuk alasan politis dan praktis, perlu dijelaskan lebih lanjut. Untuk mengatakan bahwa Linux adalah sistem operasi berarti hal itu dimaksudkan untuk digunakan sebagai alternatif untuk sistem operasi lain, seperti Windows, Mac OS, MS-DOS, Solaris, dan lain-lain. Linux bukanlah sebuah program seperti pengolah kata dan bukan juga merupakan seperangkat program seperti office suite dan lain-lain. Linux adalah sebuah antarmuka antara komputer / hardware server, dan program-program yang bekerja pada Linux.

Sejarah Singkat Tentang Linux

Ketika Linus Torvalds sedang belajar di University of Helsinki, beliau menggunakan versi dari sistem operasi UNIX yang disebut 'Minix'. Linus dan pengguna lain mengirim permintaan modifikasi dan perbaikan pencipta Minix, Andrew Tanenbaum, tetapi ia merasa bahwa mereka tidak perlu melakukannya. Saat itulah Linus memutuskan untuk membuat sistem operasi sendiri yang akan memperhitungkan komentar dan saran pengguna untuk perbaikan.
Linux

Software Pra-Linux Gratis

Filosofi meminta komentar dan saran pengguna, dan menggunakannya untuk meningkatkan program komputer itu bukan hal baru. Richard Stallman, yang bekerja di Massachusetts Institute of Technology, telah menganjurkan seperti itu untuk pendekatan pemrograman komputer dan digunakan sejak tahun 1970-an. Dia adalah seorang pionir dalam konsep 'perangkat lunak bebas', selalu menunjukkan bahwa 'kebebasan'  bukan berartu nol biaya. Kesulitan untuk terus bekerja di bawah kondisi tersebut, ia merasa bertentangan dengan konsep 'perangkat lunak bebas', ia meninggalkan MIT pada tahun 1984 dan mendirikan GNU. Tujuan dari GNU adalah untuk menghasilkan perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, didistribusikan dan dimodifikasi. Tujuan Linus Torvalds 6 tahun kemudian pada dasarnya sama: untuk menghasilkan sebuah sistem operasi yang mempertimbangkan umpan balik (Feedback) dari pengguna.

Kernel

Kita harus menunjukkan di sini bahwa titik fokus dari setiap sistem operasi adalah 'kernel'. Tanpa masuk ke detail yang besar, kernel adalah sesuatu yang memberitahu chip besar yang mengontrol komputer Anda untuk melakukan apa yang program Anda inginkan. Untuk menggunakan metafora, jika Anda pergi ke restoran Italia favorit Anda dan memesan 'Spaghetti alla Bolognese', hidangan ini adalah seperti sistem operasi Anda. Ada banyak hal yang ada didalam hidangannya seperti pasta, saus tomat, bakso dan keju. Nah, kernel seperti pasta. Tanpa pasta, hidangannya tidak akan ada. Anda mungkin juga menemukan beberapa roti dan membuat sandwich. Sebuah piring dengan hanya pasta didalamnya tidak cukup untuk menimbulkan selera.
Tanpa kernel, sistem operasi tidak ada. Tanpa program, kernel tidak berguna.
Linux

1991

Pada tahun 1991, adalah kondisi ideal untuk menciptakan Linux. Pada intinya, Linus Torvalds memiliki kernel tetapi tidak ada program sendiri, sedangkan Richard Stallman dan GNU memiliki program tapi tidak ada kernel yang dapat membuatnya bekerja. Baca sendiri kata-kata dua pria tersebut tentang hal ini:
Linus:
Sayangnya, sebuah kernel sendirian tidak akan membuat Anda kemana-mana. Untuk mendapatkan sistem operasi Anda membutuhkan shell, kompiler, perpustakaan dll
RMS:
The GNU Hurd belum siap untuk penggunaan produksi. Untungnya, kernel lain telah siap. [Hal ini disebut Linux]. So, menggabungkan program yang disediakan oleh GNU di Cambridge, Massachusetts, dan kernel, yang dikembangkan oleh Linus Torvalds di Helsinki, Finlandia (tempat Linux lahir). Karena jarak fisik yang terlibat, berarti digunakan untuk mendapatkan kernel milik Linus bersama-sama dengan program-program GNU adalah Internet. Kita bisa katakan bahwa Linux adalah sistem operasi yang datang untuk hidup di Internet. Internet juga akan menjadi sangat penting dalam perkembangan  Linux sebagai sarana koordinasi pekerjaan semua pengembang yang telah membuat Linux menjadi seperti sekarang ini.

Linux Diperkenalkan

Akhir tahun 1991, Linus Torvalds menggabungkan kernel miliknya dengan program-program milik GNU sehingga akan bekerja cukup baik untuk menunjukkan kepada orang lain apa yang telah dilakukannya. Dan itulah yang dia lakukan. Orang-orang pertama yang melihat Linux tahu bahwa Linus menginginkan sesuatu. Pada titik ini, meskipun ia membutuhkan lebih banyak orang untuk membantu dia. Inilah yang Linus katakan kembali pada tahun 1991.
Linus:
Apakah Anda tanpa proyek yang bagus dan sekarat untuk memotong gigi Anda pada OS Anda dapat mencoba untuk memodifikasi untuk kebutuhan Anda? ... Posting ini hanya mungkin untuk Anda. (Are you without a nice project and dying to cut your teeth on an OS you can try to modify for your needs?... This post might just be for you.)
Orang di seluruh dunia memutuskan untuk mengambil dia di atasnya. Pada awalnya, hanya orang-orang dengan pengetahuan pemrograman komputer yang luas akan mampu melakukan apa-apa dengan itu publik awal versi dari Linux. Orang-orang mulai menawarkan bantuan mereka. Nomor versi dari Linux yang semakin tinggi. Orang-orang mulai menulis program khusus untuk dijalankan di Linux. Pengembang mulai menulis driver untuk kartu video yang berbeda, kartu suara dan gadget lainnya di dalam dan di luar komputer Anda bisa menggunakan Linux . Namun demikian, di sebagian besar bagian pertama dari Linux 1990-an tidak bisa keluar dari panggung 'GURU'. GURU adalah istilah yang telah berkembang berarti siapa saja yang memiliki keahlian khusus dalam mata pelajaran tertentu. Artinya, Anda harus memiliki keahlian khusus dalam bagaimana komputer bekerja untuk dapat menginstal Linux pada masa itu.
Linux

Linux, ada awalnya tidak untuk semua orang

Perusahaan perangkat lunak populer lainnya menjual kepada Anda sebuah CD atau satu set disket dan buku instruksi singkat dan mungkin kurang dari setengah jam, Anda bisa menginstal sistem operasi sepenuhnya bekerja pada PC Anda. Kemampuan yang Anda butuhkan hanyalah mengetahui cara membaca. Perusahaan-perusahaan memiliki niat bahwa ketika mereka benar-benar duduk dan mengembangkan sistem operasi mereka, Linus Torvalds tidak mempunya pikiran tentang hal tersebut ketika dia mengembangkan Linux, itu hanya hobi baginya. Kemudian, perusahaan seperti Red Hat membuat tujuan mereka untuk membawa Linux ke titik di mana Linux bisa diinstal seperti sistem operasi lain, oleh siapa saja yang dapat mengikuti set instruksi sederhana, dan mereka telah berhasil. Untuk beberapa alasan, meskipun, Linux belum sepenuhnya hilang dari image 'hanya Guru'. Hal ini terutama karena ketidakmampuan pers teknologi populer untuk menjelaskan dengan cara yang berarti tentang apa itu Linux. Yang benar adalah bahwa wartawan teknologi hanya sedikit memiliki pengalaman kehidupan nyata dengan Linux dan itu tercermin dalam tulisan mereka.

Bagaimana Linux Sekarang?

Hari ini, Linux menikmati pers yang menguntungkan untuk sebagian besar. Hal ini berasal dari fakta bahwa Linux telah terbukti menjadi sistem operasi sangat stabil dan serbaguna, terutama sebagai server jaringan. Ketika Linux digunakan sebagai server web atau jaringan perusahaan, yang dalam kurun waktu yang cukup lama hampir diabaikan. Ada kasus ketika Linux server telah berjalan selama lebih dari satu tahun tanpa re-boot dan kemudian hanya diturunkan untuk periode singkat untuk pemeliharaan rutin. Linux juga dapat diinstal pada PC rumah, dengan kehandalannya dan biaya yang kecil - sangat ideal.

Jika Anda membaca ini, Anda jelas di sini untuk belajar bagaimana menggunakan Linux. Setiap pengalaman belajar berarti membuka diri terhadap ide-ide baru dan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Seperti disebutkan sebelumnya, Linux termasuk dalam keluarga sistem operasi UNIX. UNIX dirancang untuk digunakan oleh para profesional, Anda harus belajar beberapa konsep UNIX dalam pelajaran ini, tapi itu tidak berarti bahwa Linux adalah sistem operasi profesional satu-satunya. Pada kenyataannya, sebagian besar versi utama Linux dirancang untuk menjadi user-friendly dan mudah untuk diinstal dan digunakan sebagai sistem operasi di pasar saat ini.



Nah, itu dia sedikit ulasan tentang Apa itu Linux. Mohon maaf apabila bahasanya masih sukar untuk dimengerti, karena saya mengambil artikel ini langsung dari web Linux sendiri dalam bahasa inggris, sehingga sulit untuk menyusunnya kembali dalam bahasa indonesia yang baik dan benar. Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.